Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Sssst! Ini 8 Cara Membangun Hubungan Baik dengan Orang Tua Siswa

Cara membangun hubungan baik

Tahukah guru membangun hubungan baik dengan orang tua siswa ternyata bisa bermanfaat untuk memudahkan guru dalam menjalani proses belajar mengajar lho. Karena saat memiliki hubungan baik dengan orang tua, guru bisa dengan mudah memberi tahu orang tua siswa tentang perkembangan belajar siswa dan hal yang mungkin perlu diperbaiki siswa.

Menarik banget kan. Nah, kalau guru ingin tahu cara mudah membangun hubungan baik dengan orang tua siswa, simak informasinya di bawah ini ya.

Cara Membangun Hubungan Baik dengan Orang Tua Siswa

Beberapa cara membangun hubungan  baik dengan orang tua siswa yang bisa guru terapkan dengan mudah, yaitu:

1. Berbagi cerita

Kalau biasanya guru senang bercerita dan mengobrol dengan rekan sesama guru, sesekali tidak ada salahnya jika guru bercerita kepada orang tua siswa mengenai berbagai hal, seperti cerita tentang pengalaman mengajar di sekolah atau cerita tentang cara mendidik anak yang guru lakukan di rumah. Karena hal ini juga bisa membuat orang tua siswa merasa nyaman dan akhirnya ingin dekat dengan guru. Saat bercerita, jangan lupa juga untuk memberikan kesempatan pada orang tua siswa yang mungkin ingin menceritakan hal yang serupa.

2. Dengarkan cerita orang tua siswa

Sesekali tidak ada salahnya juga jika guru memberikan kesempatan kepada orang tua siswa untuk bercerita, baik cerita tentang proses belajar siswa di rumah ataupun kebiasaan siswa di rumah. Karena tidak bisa dipungkiri hal ini memang benar-benar terbukti untuk meningkatkan kedekatan dengan orang tua siswa. Jangan lupa juga untuk memberi tahu orang tua siswa bahwa semua hal yang diceritakan kepada guru merupakan rahasia dan tidak akan guru sampaikan kepada siapapun.

3. Tunjukan rasa empati

Kadang, salah satu cara paling efektif untuk membangun kedekatan diri dengan orang tua siswa adalah dengan menunjukkan rasa empati dan posisikan diri sebagai orang tua siswa. Karena hal ini bisa bermanfaat untuk membuat orang tua siswa merasa nyaman sehingga akhirnya ingin merasa dekat dengan guru.

Salah satu cara paling mudah untuk menunjukkan rasa empati adalah dengan memberikan saran kepada orang tua siswa yang mungkin dialami saat mendidik siswa di rumah dan mendengarkan keluh kesah orang tua siswa. Karena bagaimanapun guru juga merupakan orang tua bagi siswa di sekolah.

4. Berikan apresiasi

Tidak bisa dipungkiri, kadang apresiasi kecil yang diberikan guru bisa bermanfaat untuk membuat orang tua siswa lebih nyaman dan meningkatkan kedekatan dengan guru. Salah satu apresiasi paling sederhana dan mudah dilakukan yang bisa guru berikan adalah pujian tentang kebiasaan baik siswa. Jika ternyata ada kebiasaan siswa yang kurang baik di sekolah, guru juga bisa menyampaikannya kepada orang tua dengan cara yang sangat sopan tanpa menyinggung siapapun.

BACA JUGA: 7 Tips Sukses Mengadakan Study Tour

5. Terapkan sistem komunikasi terbuka

Salah satu kunci keberhasilan membangun hubungan baik dengan orang tua siswa adalah dengan menerapkan sistem komunikasi terbuka. Karena menerapkan sistem komunikasi terbuka akan membuat orang tua siswa merasa lebih nyaman dengan guru. Salah satu hal paling sederhana yang bisa guru lakukan saat menerapkan sistem komunikasi terbuka adalah dengan selalu menyampaikan perkembangan akademis siswa kepada orang tua siswa.

6. Sesekali adakan acara makan bersama

Meskipun terlihat sederhana, faktanya mengadakan acara makan bersama semua orang tua siswa ternyata bermanfaat untuk membangun kedekatan dengan orang tua siswa lho. Karena hal ini akan membuat orang siswa merasa lebih nyaman untuk mengobrol dengan guru di luar mata proses pembelajaran. Bila perlu guru bisa bekerja sama dengan guru lain dari jenjang kelas yang sama untuk mengadakan acara ini.

Di bulan puasa, guru bisa mengadakan acara buka puasa bersama dengan semua orang tua siswa di sekolah. Namun, agar acaranya terasa lebih hangat dan menyenangkan, jangan lupa untuk mengajak semua siswa membuat konsep acara secara bersama-sama. Sehingga nantinya acara buka puasa bersama bisa dinikmati oleh semua orang tua siswa.

7. Lakukan evaluasi secara rutin

Sebagus apapun cara membangun hubungan baik dengan orang tua siswa yang guru terapkan, rasanya belum lengkap kalau guru belum melakukan evaluasi secara rutin. Saat evaluasi guru bisa menilai program dan kegiatan apa yang perlu dipertahankan serta ditiadakan. Evaluasi idealnya diadakan setiap 3-6 bulan sekali. Namun, hal ini bisa berbeda untuk setiap sekolah, tergantung pada kebijakan sekolah masing-masing.

Membangun hubungan baik dengan orang tua memerlukan waktu dan dedikasi yang berkelanjutan. Tidak ada jaminan kesuksesan instan, tetapi dengan komitmen yang kuat dan perencanaan yang baik, sekolah dapat mencapai status tersebut. Namun, jangan lupa untuk tetap menerapkan beberapa hal di atas ya.

Kalau guru ingin proses belajar mengajar terasa lebih mudah untuk dilakukan, yuk gunakan platform Pijar Sekolah. Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

Referensi 

https://www.timeshighereducation.com/student/news/10-effective-strategies-building-relationships-parents  

https://www.classcraft.com/blog/develop-a-positive-relationship-with-parents/ 

https://www.edutopia.org/blog/20-tips-developing-positive-relationships-parents-elena-aguilar 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *