Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username : sekolahdemopijar@gmail.com
Password : sekolahdemo

GURU
Username : guru1@gmail.com
Password : gurudemo

SISWA
Username : 30170521
Password : siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

9 Tips Mengikuti Interview Untuk Guru

Interview untuk guru

Sama halnya seperti untuk pegawai pada umumnya, untuk bisa diterima bekerja dan mengajar di suatu sekolah atau institusi, guru harus mengikuti proses interview. Nah, agar guru bisa mengikuti proses interview dengan sebaik mungkin, simak tips mengikuti interview untuk guru berikut ini ya. 

Interview atau wawancara merupakan salah satu proses rekrutmen untuk semua calon karyawan. Proses ini biasanya baru bisa diikuti oleh guru, setelah lulus seleksi CV dari HRD. Namun, hal ini bisa berbeda-beda untuk setiap sekolah atau institusi. Karena di beberapa sekolah interview merupakan tahap rekrutmen terakhir sebelum HRD menawarkan surat penawaran kerja.

Selain itu, bisa dibilang interview juga merupakan salah satu tahapan rekrutmen yang sangat menentukan, diterima atau tidaknya karyawan di suatu perusahaan. Oleh karena itu, guru harus bisa mengikuti proses interview dengan sebaik mungkin.

Tips Mengikuti Interview Untuk Guru 

Saat ini interview bisa dilakukan secara online atau offline. Interview online biasanya dilakukan menggunakan beberapa medium atau alat, seperti Zoom, Google Hangout, atau video call Whatsapp. Sedangkan interview secara offline biasanya dilakukan secara langsung di sekolah atau institusi. 

Apapun medium yang digunakan HRD atau calon user, sebagai calon guru yang baik, kamu wajib memberikan performa yang baik saat interview, caranya dengan menerapkan beberapa tips mengikuti interview online di bawah ini:

1.Lakukan persiapan dengan sebaik mungkin

Hal pertama yang perlu guru lakukan sebelum mengikuti interview adalah melakukan persiapan dengan sebaik mungkin. Beberapa hal yang perlu guru siapkan dengan matang adalah materi pelajaran yang mungkin akan dipraktekkan atau diajarkan dalam interview, berbagai metode mengajar yang mungkin pernah guru lakukan hingga cara guru mengatasi berbagai tantangan saat mengajar.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mencari informasi lebih jauh tentang sekolah yang akan dilamar, dari mulai sejarah sekolah, peraturan yang berlaku, hingga karakteristik siswa secara umum. 

2. Siapkan portofolio prestasi dan pengalaman mengajar 

Untuk menjelaskan dengan baik pengalaman mengajar sebelumnya kepada pewawancara, guru bisa membuat portofolio untuk dibawa saat interview. Guru bisa membuat portofolio ini sekreatif yang guru suka, asalkan tetap mudah dibaca dan profesional. 

Beberapa hal yang perlu ada dalam portofolio, yaitu:

  • Contoh rencana pelajaran
  • Salinan resume
  • Gelar yang guru terima 
  • Sertifikasi yang pernah didapatkan
  • Penghargaan yang guru menangkan
  • Contoh silabus, jika guru melamar peran pendidikan tinggi

3. Ceritakan tentang tantangan dan keberhasilan yang pernah guru lakukan

Pewawancara mungkin mencoba mengukur pemahaman tentang bagaimana cara guru berinteraksi dengan siswa, sehingga mereka mungkin menanyakan banyak pertanyaan mengenai pengalaman guru dengan siswa. Oleh karena itu, sebelum wawancara, pikirkan tentang interaksi guru  dengan siswa, dan pilih setidaknya tiga atau empat contoh berikut untuk dibagikan. 

Selain itu, pewawancara mungkin meminta guru untuk memberi tahu mereka tantangan saat mengajar dan dampak positif yang pernah guru berikan pada kehidupan siswa. Cobalah untuk memasukkan sedetail mungkin saat menjawab, dan jelaskan setiap langkah proses saat bekerja dengan siswa untuk menyelesaikan masalah.

4. Terus berlatih

Selain itu, hal yang wajib guru lakukan adalah terus berlatih menjawab pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan. Karena terus berlatih bermanfaat untuk menghilangkan rasa gugup dan membuatmu lebih siap menjawab semua pertanyaan yang ditanyakan HRD atau calon user.

Saat latihan interview, tidak ada salahnya juga jika guru berlatih di depan kaca. Karena hal ini sekaligus bisa membuatmu mengoreksi postur tubuh yang mungkin belum sesuai. Jadi, ketika hari H interview tiba, guru bisa benar-benar memberikan performa terbaik tanpa melakukan kesalahan sedikitpun.

5. Gunakan pakaian yang rapi dan sesuai dengan karakter sekolah

Bisa dibilang pakaian merupakan salah satu penentu diterima atau tidak gurunya untuk mengajar di suatu sekolah atau institusi. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menggunakan baju yang rapi dan sesuai dengan karakter perusahaan.

Misalnya jika guru interview di sekolah agama islam, jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang tertutup dan bila perlu guru bisa menggunakan hijab. Untuk perempuan, jangan lupa juga untuk menggunakan makeup yang tidak terlalu tebal. Karena hal ini juga bisa memberikan kesan yang baik kepada HRD atau calon user.

6. Tiba di lokasi interview lebih awal

Tidak bisa dipungkiri memang, tiba di tempat interview lebih awal merupakan salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan. Karena hal ini akan memberikan kesan yang baik. Selain itu, tiba di lokasi interview lebih awal juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan rasa gugup yang mungkin guru rasakan. Idealnya guru sampai di lokasi interview tiga puluh menit sampai satu jam sebelum waktu interview

7. Ciptakan suasana interview yang tenang dan nyaman

Meskipun terlihat sederhana, menciptakan suasana interview yang kondusif dan senyaman mungkin ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan membuat tubuh lebih rileks, sehingga guru bisa menjawab semua pertanyaan interview dengan baik.

Umumnya suasana interview yang kondusif bisa diciptakan dengan membersihkan meja kerja dari semua barang yang tidak akan menunjang proses interview. Selain itu, bila perlu guru juga bisa menggunakan air humidifier atau alat penjernih udara agar udara kamar menjadi lebih segar.

Jangan lupa juga untuk minta pengertian kepada anggota keluarga di rumah untuk tidak memanggilmu atau membuat suara yang keras dan berisik, selama guru mengikuti proses interview.

8. Duduk dengan posisi tubuh yang tegap

Saat interview jangan lupa untuk selalu duduk dengan tegap ya. Karena hal ini bisa menunjukkan bahwa guru benar-benar niat dan berusaha keras untuk bisa mengikuti interview dengan baik. Pastikan juga saat interview guru tidak melakukan hal yang tidak diperlukan, misalnya mencoret-coret kertas atau bermain dengan pajangan yang ada di atas meja.

BACA JUGA: 5 Cara Meningkatkan Kemampuan Kreatif Pada Siswa

9. Tatap mata orang yang mewawancara 

Saat interview, jangan lupa juga untuk selalu menatap mata orang yang mewawancara ya. Sedangkan saat guru melakukan interview secara online, jangan lupa untuk selalu menatap kamera. Karena hal ini bisa menunjukkan bahwa guru adalah orang yang sangat fokus dan sungguh-sungguh dalam mengikuti interview.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa guru terapkan saat mengikuti interview.

Kalau guru ingin proses belajar mengajar terasa lebih mudah untuk dilakukan, yuk gunakan platform Pijar Sekolah.

Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

Referensi

https://start.florecruit.com/post/9-advantages-of-virtual-interviewing
https://online.jwu.edu/blog/15-tips-acing-online-job-interview
https://soeonline.american.edu/blog/teacher-interview-questions-and-tips/
https://www.indeed.com/career-advice/interviewing/teacher-interview-tips 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *