Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Absen Sekolah Online untuk Sistem yang Lebih Modern dan Akurat

Absen sekolah online

Tugas pengajar bukan hanya menyiapkan materi dan soal untuk para siswa, tapi juga absensi para siswa. Absensi merupakan catatan hadir atau tidaknya siswa di setiap hari yang ada kegiatan belajar dan mengajarnya. Di absensi juga biasanya dicatat partisipasi siswa di dalam kelas. Sekarang sudah ada absen sekolah online yang mempermudah manajemennya. Apa itu dan kenapa harus pakai sistem online? Temukan jawabannya di bawah ini.

Apa Itu Absensi Sekolah Online?

Absensi sekolah online merupakan sistem absensi yang fungsinya sama saja dengan absensi sekolah manual. Hanya saja, setiap siswa bisa melakukannya secara online. Absensi ini sangat tepat diterapkan untuk sekolah online. Setiap siswa cukup melakukan log in setiap harinya di platform absensi yang digunakan, kemudian nantinya guru bisa mengeceknya dengan mudah. 

Sistem absensi sekolah online sangat sesuai dengan teknologi jaman sekarang yang serba terkomputerisasi dan digital. Tidak ada halangan dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar dari mana pun dan kapan pun. Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi absensi online gratis yang mudah digunakan. 

Kelebihan Menggunakan Absensi Sekolah Online

Kenapa harus menggunakan sistem absensi sekolah online? Ada banyak kelebihan yang bisa dimanfaatkan dari sistem ini, di antaranya adalah:

1. Absensi Online Terpantau Secara Real-time

Guru dapat memantau hadir atau tidak hadirnya semua siswa secara real-time. Setiap kali siswa log in di platform absensi, maka akan terlihat waktu mereka log in secara akurat. Jadi data yang didapatkan tenaga pengajar terkait waktu pun lebih tepat. 

2. Absensi Online Lebih Fleksibel

Sistem absensi sekolah online sangat tepat diterapkan pada kegiatan belajar mengajar online. Sistem ini memudahkan guru dan siswa dalam berbagai hal, terutama karena fleksibilitasnya. Tak ada batasan lokasi untuk melakukan absen. Siswa bisa log in dari mana saja dan belajar dari mana pun mereka berada. 

Namun ini bukan berarti siswa bisa melakukan absen kapan pun. Sangat disarankan tetap diberlakukan batasan waktu untuk melakukan absen. Dengan begitu, disiplin siswa tetap terbentuk dan terjaga. Selain itu, absensi online bukan berarti bermalas-malasan.

3. Mudah Diintegrasikan dengan Sistem Sekolah

Teknologi absensi sekolah online bisa dengan mudah diintegrasikan ke sistem sekolah, entah itu menggunakan aplikasi di perangkat Android maupun iOS. Jadi lebih mudah bagi tenaga pengajar untuk membuat laporan atau rekap setiap bulan atau setiap semester.

4. Meningkatkan Produktivitas Tenaga Pengajar

Memonitor dan mengatur daftar kehadiran secara manual bisa memakan waktu yang cukup banyak. Karena itu, absensi sekolah online akan sangat membantu tenaga pengajar untuk menyelesaikannya dengan cepat. Setelah itu, guru bisa fokus pada hal yang lebih penting, seperti menyiapkan materi dan soal. Tak hanya baik untuk guru, tapi juga siswa yang akan mendapatkan materi lebih baik.

5. Guru dan Orang Tua Bisa Memantau dengan Mudah

Sistem absensi sekolah online tidak hanya bisa diakses oleh siswa dan guru saja, tapi orang tua atau wali pun akan diberikan akses untuk memantaunya. Aktivitas anak-anak pun dapat terpantau dengan baik setiap harinya. Ini akan sangat membantu bagi orang tua yang bekerja dan tidak bisa menemani aktivitas anaknya secara langsung di jam sekolah. 

Deretan Aplikasi Absen Sekolah Online Terbaik

Saat ini, sekolah bisa dengan mudah menemukan beragam aplikasi absen sekolah online yang mudah digunakan oleh siapa saja. Baik guru, siswa, dan orang tua bisa menggunakan beberapa aplikasi absensi online di bawah ini dengan efisien:

1. Pijar Sekolah

Pijar Sekolah merupakan platform yang dapat membantu sistem pembelajaran digital dengan mudah dan menyenangkan. Tenaga pengajar dapat menggunakan platform ini untuk membuat materi pelajaran yang tidak membosankan serta mengatur data manajemen menjadi lebih mudah dan efisien, termasuk sistem absensi online. 

Ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan di Pijar Sekolah, termasuk absensi online. Tampilan antarmukanya mudah digunakan oleh siapa saja. Bahkan siswa sekolah di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) bisa menggunakannya . Dengan begitu, sistem pendidikan di Indonesia jadi lebih merata!

2. Google Form

Google Form sebenarnya bukan khusus dibuat untuk absensi. Hanya saja, karena banyak yang sudah familier dengan platform ini, akhirnya sering dimanfaatkan sebagai absen online. Kelebihan Google Form adalah karena bisa langsung terintegrasi dengan akun Google dan Gmail. 

Siswa juga dimudahkan karena hanya perlu membuat akun Google saja. Setelah itu, mereka hanya perlu log in setiap hari ke akun tersebut dan membuka tautan yang diberikan. Sayangnya, guru perlu mengunduh formulir setiap hari dan membaginya setiap hari pula.

3. Hadirr

Ini adalah aplikasi absensi online yang bisa digunakan untuk kantor maupun sekolah. Ukuran aplikasi ini pun ringan, hanya 18 MB saja, jadi kalau setiap siswa harus mengunduhnya di HP mereka, tidak akan memberatkan memori HP. 

Dengan aplikasi Hadirr, siswa bukan hanya bisa absen saja, tapi juga bisa mengecek jadwal mata pelajaran dan waktunya. Selain itu, guru juga bisa membuat jadwal kelas dengan mudah. Semuanya dilakukan di satu aplikasi saja.

4. KOCO Schools

KOCO Schools adalah aplikasi untuk guru agar dapat mengelola kelas dengan lebih efektif. Berbagai fiturnya sangat memudahkan tugas guru, termasuk untuk absensi online. Tidak dikenakan biaya, cukup diunduh saja, buat akun, dan bisa langsung digunakan saat itu juga. 

KOCO Schools akan mengakumulasi data absensi siswa setiap harinya baik secara individu maupun data absensi per kelas. Dengan begitu, aplikasi ini sangat mendukung kegiatan hybrid learning. Guru pun tak perlu mengunduh data absensi satu-persatu setiap hari karena bisa diakumulasikan per bulan atau per semester.

5. Zoho Forms 

Berikutnya ada Zoho Forms, platform yang mirip dengan Google Form. Di dalamnya terdapat fitur absensi online yang mudah digunakan untuk tenaga pengajar yang mengadakan kegiatan belajar mengajar secara online. Guru bisa mengirim tautan dan siswa tinggal membukanya untuk absen. 

Menariknya, Zoho Forms menyediakan fitur tanda tangan. Jadi siswa harus menandatangani kotak yang tersedia di tiap absensi. Dengan begitu, sistem absensi online pun lebih kredibel dan terpercaya. Semua datanya pun terekam dengan baik, sehingga tidak khawatir data hilang. 

Ternyata, teknologi absen sekolah online menawarkan banyak kelebihan, terutama bagi yang menjalankan kegiatan belajar mengajar online. Ingin tahu lebih banyak tentang topik ini? Yuk, kunjungi Pijar Sekolah!

Pijar Sekolah adalah platform pendidikan dengan interface yang mudah digunakan, terutama untuk tenaga pengajar dalam membuat laporan. Mulai dari laporan nilai, absensi dan lain sebagainya bisa mudah diolah di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *