Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Aplikasi Kelas Virtual, Apa Kelebihannya?

Aplikasi kelas virtual

Kelas virtual bukan hal yang jarang lagi di tengah segala sesuatu yang serba digital seperti sekarang. Apalagi setelah pandemi COVID-19, para siswa terbiasa dengan belajar di kelas virtual. Saat ini, kegiatan belajar mengajar banyak dibantu oleh aplikasi kelas virtual yang berkualitas dan dapat diandalkan. Sebelum mengetahui apa saja aplikasi yang terbaik, simak dulu definisi dan kelebihannya di bawah ini.

Apa Itu Kelas Virtual?

Kelas virtual adalah lingkungan belajar mengajar online di mana guru dan siswa menyajikan materi pelajaran, terlibat dalam proses pembelajaran, dan berinteraksi dengan satu sama lain yang berada di kelas virtual yang sama. Bahkan kerja kelompok pun dimungkinkan dalam kelas virtual. 

Kelas virtual berbeda dengan kursus online karena lingkungannya yang lebih hidup dan sinkron. Kursus online biasanya menyajikan materi pembelajaran yang sudah direkam sebelumnya, lalu diadakan sesi tanya-jawab di waktu tertentu. Sementara itu, pengaturan kelas virtual pada dasarnya sama dengan kegiatan belajar mengajar normal. 

Salah satu contoh dari kelas virtual adalah video conference, di mana guru dan siswa bisa melihat dan mendengarkan satu sama lain. Biasanya tampilan utama di layar adalah guru, sementara siswa ditampilkan dalam kotak-kotak yang lebih kecil. Kelas virtual bisa direkam jika dirasa perlu. 

Selain itu, di kelas virtual juga biasanya terdapat panel khusus untuk chatting. Jadi guru dan siswa bisa berkomunikasi satu sama lain. Chat panel hanya digunakan untuk membicarakan hal-hal yang ada hubungannya dengan materi pelajaran. Misalnya untuk mengajukan pertanyaan, berbagi ide, dan berpartisipasi dalam diskusi. 

Kelebihan Aplikasi Kelas Virtual

Kenapa harus menggunakan aplikasi kelas virtual dan menggunakan sistem pendidikan ini? Tentu karena ada berbagai kelebihan yang bisa kita dapatkan, di antaranya adalah:

1. Memungkinkan Siswa Belajar dari Mana Saja

Kelas virtual memungkinkan siswa belajar dari mana pun lokasi mereka berada, sehingga jarak bukan lagi masalah dalam mengenyam pendidikan. Tentu saja karena kelas virtual adalah kelas interaktif, maka kehadiran yang tepat waktu diharapkan dari guru dan siswa. Dengan begitu, kedisiplinan tetap bisa dijaga dan ditegakkan dengan baik. 

2. Memudahkan Guru dalam Berbagi Materi  

Guru tak perlu lagi membagikan materi dalam bentuk fisik, melainkan bisa dibagikan lewat aplikasi kelas virtual. Cukup sekali kirim tautan saja, setiap siswa pun bisa klik dan mengunduhnya. Cara ini lebih hemat biaya dan ramah lingkungan, karena tidak lagi menggunakan kertas.

3. Sistem Absensi Lebih Mudah

Aplikasi kelas virtual tentunya juga menghadirkan fitur absensi online yang memungkinkan siswa untuk log in saja setiap harinya. Guru jadi lebih mudah memonitor hasil absensi yang dicatat secara real-time dan akurat. Laporan absensi pun jadi lebih mudah karena tidak perlu dicek secara manual lagi. 

Tiap kali saatnya membuat laporan absensi per bulan atau per semester bisa memudahkan kerja guru. Dengan begitu, para guru pun bisa fokus pada hal-hal yang lebih penting, seperti menyiapkan materi dan soal yang mampu mengasah pengetahuan siswa. 

4. Kelas Bisa Direkam untuk Tujuan Monitor

Di kelas virtual, guru dapat merekam kelas yang sedang berlangsung. Hasil rekaman bisa digunakan guru untuk tujuan memonitor interaksi di kelas. Siapa siswa yang aktif dan siapa yang perlu ditingkatkan performanya. Dengan begitu, guru dapat memberi masukan yang tepat untuk setiap siswa. 

5. Orang Tua Tetap Bisa Memantau

Kelas virtual pada umumnya dapat dipantau oleh orang tua. Meskipun kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online, orang tua bisa mengecek apakah anaknya mengikuti kelas atau tidak. Tanpa didampingi secara langsung pun, orang tua bisa mengecek aktivitas anak. 

Aplikasi Kelas Virtual Terbaik

Lalu apa saja aplikasi online untuk kelas belajar virtual yang menawarkan kemudahan dan fitur terbaik? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Sekolah.mu

Aplikasi ini menghadirkan kelas virtual di berbagai tingkat pendidikan, mulai dari TK/PAUD, SD, SMP, hingga SMA dan SMK. Dirancang dengan sistematis, guru bisa membuat jadwal webinar serta membuat materi pembelajaran yang kreatif. Tugas pun lebih mudah dikumpulkan dan dinilai. 

Menariknya, Sekolah.mu menyediakan kursus bagi para orang tua agar bisa menggunakan aplikasi dan membimbing belajar anak dengan optimal. Selain itu, tersedia pula kursus belajar baca Al-Qur’an dan Bahasa Inggris. 

2. Pijar Sekolah 

Pijar Sekolah merupakan platform pembelajaran digital terpadu yang sangat mendukung pihak sekolah untuk menghadirkan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Siswa tidak akan bosan belajar karena di sini tersedia ribuan konten digital yang menarik. Guru dan siswa dapat memanfaatkan Buku Digital, Buku Digital Interaktif, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya. 

Tak hanya itu saja, Pijar Sekolah juga sangat membantu tenaga pengajar dalam mengelola administrasi dan operasional sekolah. Ada fitur Sistem Informasi Manajemen (SIM) Sekolah, yang memudahkan guru dalam membuat laporan, seperti laporan nilai dan absensi siswa secara online. 

3. Zenius

Merupakan aplikasi kelas virtual yang bisa diunduh di perangkat Android, Zenius menunjang aktivitas belajar mengajar mulai dari SD, SMP, dan SMA/K. Di Zenius bahkan tersedia kelas persiapan masuk ke Perguruan Tinggi. 

Media yang ditampilkan adalah audio visual yang tidak membosankan. Dirancang dengan tampilan antarmuka yang bagus dan mudah digunakan, berbagai media di aplikasi ini harus diakses dengan internet. 

4. Brainly

Bisa diunduh di perangkat Android dan iOS, Brainly juga bisa diakses via situsnya. Di dalamnya ada berbagai macam mata pelajaran yang dapat diakses dengan sangat mudah begitu sudah memiliki akun Brainly. 

Brainly juga menyediakan soal-soal yang bisa dipilih sesuai tingkatannya. Menariknya, platform ini menyediakan metode one on one. Pengguna Brainly dapat mengajukan pertanyaan dan siswa lain yang mengetahui jawabannya bisa membantu memberikan jawaban yang tepat. 

5. Rumah Belajar

Dirilis oleh Kemdikbud, aplikasi pembelajaran online ini dapat menyampaikan materi berbasis audio, video, animasi, dan gambar. Kelas berlangsung secara interaktif dan tersedia berbagai fitur menarik. Mulai dari lab virtual, ruang kelas maya, peta budaya, dan masih banyak lagi yang dapat diakses siswa dan guru. 

Belajar online kini jadi lebih menarik dan tak membosankan berkat berbagai aplikasi kelas virtual yang modern. Tertarik menggunakan salah satunya? Langsung saja kunjungi situs Pijar Sekolah untuk mendapatkan pengalaman belajar mengajar yang berbeda dari sebelumnya! 

Sistem interface yang digunakan Pijar Sekolah mudah digunakan untuk siapa saja. Bahkan visi dan misinya adalah untuk memberikan pendidikan yang merata di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal). Yuk, kunjungi situsnya sekarang juga untuk mengetahui apa saja fitur yang tersedia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *