Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Anti Gagal! 5 Tips Menjadi Guru Favorit yang Disukai Banyak Siswa

Guru favorit

Menjadi guru favorit tentu merupakan keinginan semua guru. Karena menjadi guru favorit akan membuat guru merasa nyaman untuk menjalankan aktivitas mengajar. Selain itu, saat menjadi guru favorit sebagian besar siswa juga biasanya akan sangat merasa sangat semangat dan nyaman untuk belajar.

Hal inilah yang kemudian akan memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran. Sehingga guru tidak perlu mengulang mengajarkan beberapa materi pelajaran hingga akhirnya siswa benar-benar paham dengan materi yang disampaikan guru.

Tips Menjadi Guru Favorit

Untuk menjadi guru favorit ada beberapa tips mudah yang bisa guru terapkan, yaitu: 

1.Selalu up to date dengan informasi atau tren yang beredar di kalangan siswa

Salah satu cara paling mudah untuk menjadi guru favorit adalah dengan selalu up to date dengan informasi atau tren yang beredar di kalangan siswa. Karena hal ini akan memudahkan guru untuk bisa mengobrol dan berbaur dengan siswa. Sesekali tidak ada salahnya juga jika guru membuka aktivitas sehari-hari dengan mengobrol dengan siswa mengenai informasi terbaru.

Jangan lupa juga untuk memasukkan tren yang beredar di kalangan siswa pada materi pelajaran. Misalnya ketika guru membahas materi komunitas sosial tidak ada salahnya jika guru mengambil contoh boy group Korea yang sedang banyak diidolakan oleh siswa. 

2. Selalu perhatikan siswa saat mengajar

Cara lain yang bisa guru lakukan untuk membuat suasana kelas selalu kondusif adalah dengan selalu memperhatikan semua siswa saat mengajar. Jika ada satu siswa yang terlihat kurang fokus saat belajar, tidak ada salahnya kalau guru mendatanginya dan bertanya alasan dia tampak kurang fokus belajar.

Setelah itu, guru bisa memberikan solusi agar siswa bisa kembali fokus belajar. Misalnya jika alasan siswa kurang fokus belajar adalah karena mengantuk, minta siswa tersebut untuk membasuh wajahnya dengan air terlebih dahulu.

3. Buat peraturan yang harus dipatuhi bersama

Agar siswa dan guru sama-sama nyaman melakukan perannya masih saat menjalani proses belajar mengajar, tidak ada salahnya jika guru membuat aturan yang harus dipatuhi bersama. Misalnya saja, aturan untuk tidak berisik dan hanya boleh mengobrol jika diizinkan oleh guru, serta aturan untuk bertanya ketika guru sedang menyampaikan materi pelajaran. 

Selain itu, jangan lupa juga untuk menentukan hukuman yang harus dipenuhi oleh siswa jika melanggar peraturan tersebut. Pada dasarnya membuat aturan yang harus dipatuhi bersama juga bermanfaat untuk membantu guru menerapkan sistem demokrasi di sekolah.

4. Selalu menjaga mood agar tetap stabil

Menjaga mood atau suasana hati agar selalu stabil dan baik memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, jangan lupa untuk selalu berusaha menjaga mood atau suasana hati agar selalu stabil dan baik ya. Karena hal ini akan membuat suasana kelas juga senantiasa selalu kondusif dan membuat guru disenangi oleh siswa.

Agar mood guru senantiasa selalu baik, ada baiknya jika guru menerapkan work life balance. Kalau guru ingin tahu tips menerapkan work life balance, baca artikel ini ya  “8 Cara Menerapkan Work Life Balance dengan Baik.”

5. Berikan penghargaan kepada siswa

Meskipun terlihat sederhana, faktanya memberikan penghargaan kepada siswa juga merupakan salah satu cara untuk membuat siswa merasa lebih nyaman untuk guru dan akhirnya membuat guru menjadi guru favorit.. Karena penghargaan akan membuat siswa merasa lebih dihargai dan membuatnya selalu fokus belajar di kelas. Beberapa contoh penghargaan yang bisa guru berikan adalah “Siswa paling rajin”, “Siswa paling aktif”, atau “Siswa paling berprestasi”.

Selain memberikan penghargaan kepada siswa yang paling berprestasi, guru juga dapat membuat penghargaan unik “Bintang Olahraga Kelas”, “Anak Paling Baik”, dan lain-lain. Hadiah yang diberikan guru juga gak harus hadiah yang mahal kok. Kadang, hadiah berupa cokelat atau peralatan menulis yang unikpun sudah membuat siswa merasa lebih dihargai.

Membuat diri guru menjadi guru favorit memang kadang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, tidak ada salahnya jika guru mulai menerapkan tips di atas. Karena menjadi guru favorit yang disenangi oleh siswa bisa bermanfaat untuk memudahkan guru dalam mengajar. 

Kalau guru ingin proses belajar mengajar terasa lebih mudah untuk dilakukan, yuk gunakan platform Pijar Sekolah.

Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi, dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *