Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Kelebihan Aplikasi Ujian Sekolah untuk Ujian yang Fleksibel dan Modern

Aplikasi ujian sekolah

Jika selama ini dunia pendidikan dilakukan secara manual, maka tidak halnya saat ini. Karena saat ini dunia pendidikan sekarang sudah menerapkan teknologi modern. Bukan hanya sistem kegiatan belajar saja yang memanfaatkan konten digital, tapi sekarang sudah ada aplikasi ujian sekolah untuk membuat dan melangsungkan ujian yang berbasis komputer. 

Apa itu ujian berbasis komputer dan apa pula pentingnya menggunakan aplikasi ujian sekolah online? Di artikel ini, kita akan membahas lengkap seputar kelebihan aplikasi ujian sekolah online dan juga perbedaan ujian berbasis komputer dan ujian konvensional. 

Apa Itu Ujian Berbasis Komputer?

Ujian berbasis komputer adalah ujian sekolah yang dilaksanakan secara dengan menggunakan laptop atau komputer, tak lagi menggunakan lembar soal dan lembar jawaban. Sering juga disebut CBT, yang merupakan singkatan dari Computer Based Test

CBT sudah diaplikasikan di banyak sekolah, khususnya untuk ujian akhir. Tapi sebenarnya metode ini bisa diterapkan pada berbagai ujian. Lebih sistematis, soalnya bisa dibuat dengan aplikasi administrasi ujian sekolah. Selain itu, ujian sekolah yang berbasis komputer juga lebih memudahkan dalam sistem penilaian. Tak perlu dilakukan secara manual, hasil pun bisa didapat guru dan siswa lebih cepat. 

Perbedaan Ujian Berbasis Komputer dengan Ujian Konvensional

Tentu saja ada banyak perbedaan dari ujian yang berbasis komputer dan ujian konvensional. Berikut ini beberapa perbedaannya yang perlu diketahui untuk lebih memahami CBT:

1. Perbedaan Akses

Ujian berbasis komputer pada umumnya dilakukan secara online. Soal ujian bisa diakses dari mana saja selama ada koneksi internet. Di sekolah atau untuk ujian masuk perguruan tinggi, ujian pada umumnya diselenggarakan di satu lokasi tertentu secara bersama-sama, dengan koneksi internet yang baik. 

2. Perbedaan Pengawasan  

Ujian berbasis komputer yang dilakukan secara online biasanya sudah dilengkapi dengan fitur pengawasan. Penyelenggara ujian pun dapat memantau aktivitas setiap peserta ujian untuk menghindari terjadinya kecurangan. Jadi, meski dari lokasi yang berbeda, pengawasan tetap bisa dilakukan dengan mudah. 

3. Perbedaan Waktu Ujian 

Jika mengadakan ujian menggunakan aplikasi ujian sekolah, maka waktu ujian pun bisa ditentukan sesuai kebutuhan, sehingga lebih fleksibel. Tentu saja peserta ujian harus mengerjakannya secara bersamaan untuk menghindari terjadi kebocoran soal. Tapi waktunya ini bisa ditentukan secara bersama-sama antara pengajar dengan peserta ujian. 

4. Perbedaan Penilaian

Ujian konvensional dilakukan secara manual, termasuk dalam hal penilaiannya. Karena harus dilakukan satu-persatu, maka hasil nilainya bisa keluar cukup lama, biasanya butuh waktu 2 hari hingga 1 minggu. Ini jauh berbeda dengan ujian yang berbasis aplikasi online. Karena semuanya sudah menggunakan komputer, maka hasilnya bisa langsung dinilai begitu siswa selesai mengerjakannya. Jadi hasilnya luar biasa instan. 

Kelebihan Aplikasi Ujian Sekolah

Kenapa harus menggunakan aplikasi ujian sekolah online untuk menyelenggarakan ujian? Tentu saja ada berbagai kelebihan yang dapat dirasakan baik tenaga pengajar maupun siswa. Berikut ini beberapa kelebihannya:

1. Akses yang Lebih Mudah

Mengerjakan ujian berbasis komputer menggunakan aplikasi ujian sekolah menjadikannya jauh lebih mudah diakses. Siswa kini bahkan bisa menyelesaikan ujian dari rumah masing-masing, selama memiliki fasilitas komputer atau laptop dan juga koneksi internet yang lancar. 

Akses yang lebih mudah dibandingkan harus langsung datang secara fisik ke sekolah ini sangat menguntungkan. Siswa bisa lebih fokus pada ujiannya, tak perlu khawatir akan perjalanan ke sekolah, kemungkinan macet, terlambat, dan lain-lain. Tak hanya itu, metode ini juga lebih menghemat biaya transportasi menuju ke sekolah. 

Bukan cuma itu saja, bagi siswa yang secara fisik tak mampu ke sekolah tapi sebenarnya mampu mengikuti ujian, misalnya siswa yang cacat, atau yang mengalami kecelakaan. Mereka mampu mengerjakan ujian, tapi secara fisik sangat tidak memungkinkan untuk menuju ke sekolah. Dengan sistem CBT, memungkinkan mereka tidak ketinggalan ujian dan harus mengikutinya di tahun depan. 

2. Lebih Efisien  

Ujian online berbasis komputer bukan hanya memudahkan bagi siswa saja, tapi tenaga pengajar dan pihak sekolah juga diuntungkan. Proses administrasi ujian jadi jauh lebih efisien. Mulai dari menyiapkan ruang ujian, membagikan soal, mengumpulkan lembar jawaban, sampai menghitung nilai secara manual, semua ini bisa ditinggalkan. 

Jika siswa bisa mengerjakan di rumah, maka ruang ujian tak perlu dipersiapkan. Soal bisa dibagikan via online, lebih cepat dan tidak membuang waktu. Sama halnya dengan mengumpulkan lembar jawaban, cukup submit via online, sehingga tidak menyia-nyiakan waktu. Terakhir, proses penilaian pun bisa dilakukan secara instan. Kerja guru dipermudah, siswa pun bisa mengetahui hasilnya tanpa perlu menunggu lama. 

3. Lebih Ramah Lingkungan

Soal ujian manual memerlukan kertas dalam jumlah yang sangat banyak karena disebarkan ke seluruh Indonesia. Ujian berbasis komputer jauh lebih ramah lingkungan karena tak lagi membutuhkan kertas untuk lembar soal dan lembar jawaban. Sedikit banyak, metode ini membantu menjaga lingkungan.

4. Mencegah Kebocoran Soal

Sudah bukan rahasia lagi bahwa soal ujian seringkali bocor dan jatuh ke tangan siswa tertentu. Bahkan ada soal ujian yang diperjualbelikan dengan begitu mudahnya. Ini sering terjadi di masa ujian konvensional dengan menggunakan lembar soal dan jawaban. 

Dengan menggunakan aplikasi ujian sekolah, pihak yang dapat mengakses soal ujian sebelum waktunya tiba sangat terbatas. Hal ini bisa meminimalisir kemungkinan soal bocor dan tersebar ke siswa. Karena semua siswa akan mendapat soal di waktu yang sama. 

5. Ada Fitur Keamanan

Pada umumnya, aplikasi ujian sekolah online sudah dilengkapi dengan fitur keamanan, termasuk untuk pengawasan selama ujian. Fitur keamanan ini dirancang kuat supaya tidak mudah ditembus oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan begitu, risiko terjadinya kecurangan pun bisa diperkecil. Selain fitur pengawasan, fitur keamanan lainnya adalah teknologi anti plagiat. 

Buat Ujian Sekolah Online dengan Efektif di Sini

Menyelenggarakan ujian sekolah secara online memiliki berbagai kelebihan bagi pihak sekolah maupun siswa. Jika ingin membuat ujian berbasis komputer yang mudah dan berkualitas, pastikan untuk menggunakan aplikasi ujian sekolah yang bisa diandalkan, seperti Pijar Sekolah. 

Sebagai platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menghadirkan sistem belajar digital yang menyenangkan dan efektif bagi siswa. Di platform ini tak hanya tersedia konten pembelajaran digital yang menarik, tapi juga ujian berbasis komputer yang bisa dikerjakan di mana saja! 

Ada fitur Uji Kompetensi dan Penilaian (UKP) yang merupakan kemajuan teknologi di bidang pendidikan. Fitur ini diharapkan bisa mencapai daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) agar pendidikan di Indonesia lebih merata dan melek teknologi. Yuk, langsung kunjungi Pijar Belajar untuk mengetahui semua fiturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *