Cara Membuat Video Pembelajaran Lengkap dan Tidak Membosankan!

Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Cara Membuat Video Pembelajaran Lengkap dan Tidak Membosankan!

Cara membuat video pembelajaran

Pijar Sekolah – Cara membuat video pembelajaran yang mungkin menarik untuk dilihat dan tidak monoton. Penasaran bukan seperti apa? Baca Artikel ini untuk bikin video pembelajaran lebih jelasnya simak hingga selesai ya!

Saat pandemi berlanjut, banyak guru ingin tahu cara membuat video pendidikan menarik daripada membosankan.  Pembelajaran jarak jauh tentu menjadi tantangan  bagi guru, guru, dan guru lainnya, terutama dalam hal produksi video. Selain itu, banyak aplikasi pengeditan video yang rumit untuk digunakan. Guru secara alami perlu repot dan kreatif agar siswa dan siswa dapat melihatnya dengan nyaman dan mudah memahami materi hanya melalui video. Tidak sulit. Video tutorial juga dapat dibuat di PowerPoint saja

Lantas gimana, cara membuat video pembelajaran interaktif yang bisa dibuat guru selama masa PSBB ini? Biasanya banyak konsep  video pembelajaran pendidikan yang dibuat sesuai dengan  kebutuhan guru dan siswa.  Misalnya, beberapa video pembelajaran  menampilkan materi, beberapa diucapkan, sementara yang lain langsung menunjukkan kepada guru dan manfaat video pembelajaran bagi guru.  Pilihan berikut untuk membuat video pembelajaran kamu di laptop maupun ponsel dapat dipilih sesuai dengan selera masing-masing.

Pengertian Video Pembelajaran serta Alasan kenapa harus menggunakan video pembelajaran? 

Pengertian Video pembelajaran – Video pembelajaran adalah suatu media yang menggunakan audio dan visi serta berisi materi pembelajaran yang menggabungkan beberapa konsep, prinsip, prosedur, dan teori yang menerapkan ilmu untuk membantu memahami materi pembelajaran yang sedang diajarkan.

Alasan Mengapa manfaat Video pembelajaran sebagai media pembelajaran yang hebat dan interaktif karena memiliki unsur audio dan visual. Dalam video itu, seolah-olah guru sedang mengajar bersama  siswa. Materi video dapat  diputar berkali-kali, sehingga  siswa mampu dapat mereview materi sampai benar-benar memahaminya. Cuplikan video dapat dibuat dengan menggunakan model yang cukup menarik dan unik tergantung penyajian yang diberikan guru. Sudah banyak aplikasi membuat video pembelajaran telah  tersedia. Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan materi . Materi video dapat didistribusikan dengan gampang  baik secara langsung maupun melalui media seperti YouTube, Instagram dan TikTok dan bagaimana cara membuat video pembelajaran di laptop .

Kriteria pemilihan media video pembelajaran aktif Menurut Azhar Arsyad (2002), ada guru harus memperhatikan kriteria tersebut sebelum membuat media video pembelajaran Itu adalah:

  1. Menggunakan model pembelajaran yang pastinya searah dengan tujuan pembelajaran.
  2. Model Media pembelajaran harus bisa mendukung isi dari materi pelajaran.
  3. Praktis, fleksibel dan video yang berdurasi lama.
  4. Guru dapat (terampil) menggunakan banyak media.
  5. Media materi pembelajaran yang dibuat harus mempunyai kesan yang efektif.

Langkah langkah pembuatan video pembelajaran

langkah langkah pembuatan video pembelajaranSetelah mengetahui alasan yang tepat kenapa harus menggunakan video materi pembelajaran berikut kami rangkum cara mudah membuat video pembelajaran atau cara membuat video pembelajaran online agar video materi pembelajaran yang disajikan sangat menarik dan tidak membosankan untuk siswa, sebagai berikut : 

1. Langkah 1 : Persiapkan Materi dengan detail dan lengkap

Slide materi sangat penting saat membuat video pembelajaran. cara merangkum video pembelajaran untuk membuat materi harus selalu diingat untuk membuat tayangan slide yang efektif, ringkas, dan menarik secara visual untuk membangkitkan niat belajar. contoh naskah video pembelajaran Agar lebih menarik, coba download beberapa template PowerPoint. Template tidak hanya nyaman, mereka juga pasti  meningkatkan tampilan slide Anda. Untuk mendapatkan  dapat mengunduh berbagai template PowerPoint dari sini. 

2. Langkah 2 : Persiapkan alat untuk membuat video pembelajaran 

membuat video penjelasan dengan video materi berikut,  tentunya siapkan kamera handphone atau kamera webcam kemudian tripod untuk menstabilkan gerakan resolusi kamera agar tampak dengan jelas  untuk merekam video pembelajaran presentasi.  

3. Langkah 3 : Jangan lupa persiapkan untuk menentukan green screen atau layar hijau

sebagai background agar nantinya tidak sulit untuk menghilangkan background gambar latar belakang yang sesuai dengan materi yang menjadi tema video tutorial. 

 Kamu juga dapat mengedit video menggunakan aplikasi untuk video pembelajaran pengeditan video PC  gratis. Untungnya, sekarang banyak kamera untuk  vlog termurah tentunya kualitas yang rbaik, jadi tidak perlu mengeluarkan banyak uang ketika merekam video. Dalam membuat video pembelajaran interaktif harus bisa mengaplikasikan aplikasi untuk edit video pembelajaran, memiih backsound  video pembelajaran yang tepat, background untuk video pembelajaran yang tidak terlalu ramai dan menggunakan template video pembelajaran. Setelah semua selesai kemudian edit video pembelajaran menggunakan aplikasi edit video pembelajaran

Aplikasi untuk membuat video pembelajaran

aplikasi untuk membuat video pembelajaran –  jenis video pembelajaran media video pembelajaran kreatif yang digunakan dalam Sekolah memainkan peran penting dalam memungkinkan guru untuk menggunakan media aplikasi video pembelajaran daring  dalam proses belajar mengajar di kelas. Ada beberapa jenis software membuat video pembelajaran media video pendidikan kreatif yang dapat digunakan guru selama pendidikannya untuk membuat media video pendidikan. cara membuat video pembelajaran di android juga sangat mudah dengan aplikasi inshot, vn atau viva video.

  • PowerPoint

Video tutorial menggunakan PowerPoint dan cara membuat video pembelajaran dari power point sudah tersedia di semua perangkat elektronik guru. Guru menggunakan PowerPoint sebagai  media video pembelajaran kimia, video pembelajaran biologi,video pembelajaran fisika  untuk memberikan materi pembelajaran dan media  presentasi, PowerPoint juga dapat diubah menjadi video pembelajaran dengan menggunakan animasi yang terdapat dalam PowerPoint. Windows 8 dan Microsoft Office 2010 diharuskan menggunakan PowerPoint sebagai video tutorial. Jika tidak dapat mengupgrade di laptop  membuat video pembelajaran dengan ppt sangat gampang dan mudah.

  • Studio animasi

kedua Video animasi dapat membantu siswa menjelaskan materi yang sulit dijelaskan oleh guru secara lisan dengan jelas dan  mudah dipahami. Selain itu, siswa dapat memutar video secara berulang-ulang. Animation Studio dapat membuat video animasi untuk media pembuatan video pembelajaran seperti pelajaran matematika yang dibutuhkan objek yang banyak untuk membantu memahami isi dari  materi pembelajaran yang diberikan untuk siswa.

  • Powtoon 

Aplikasi Powtoon merupakan perangkat atau aplikasi video pembelajaran dengan materi yang berbentuk video animasi online yang sangat mudah digunakan dan bisa dipakai oleh guru dan siswa untuk mempermudah kegiatan belajar. “Powtoon” sangat ideal untuk membuat video pendidikan yang menarik serta tutorial membuat video pembelajaran. “Powtoon” mempunyai jenis pola yang berbeda untuk membuat contoh video pembelajaran daring, seperti video pemasaran, video untuk menjelaskan sesuatu, presentasi, dan bahkan iklan. “Powtoon” juga menambahkan fungsionalitas gambar dan musik ke narasi.

  •   Kinemaster 

Aplikasi Kinemaster merupakan aplikasi membuat video pembelajaran gratis sangat populer di kalangan masyarakat umum. Selain itu,  banyak YouTuber menjelaskan  cara mengaplikasikan tutorial dan aplikasi Kinemaster untuk memastikan penggunaan yang tepat. Aplikasi edit video pembelajaran gratis ini tersedia dari Play Store dan dapat diunduh secara gratis. Tidak sulit untuk digunakan, sehingga guru dapat menggunakannya tanpa masalah.

  • FilmoraGo 

Jika kamu  dapat menggunakan aplikasi  Kinemaster di ponsel dengan mahir, Filmora Go adalah aplikasi edit video pembelajaran di hp yang dapat digunakan di laptop atau komputer. Aplikasi ini menghasilkan video yang indah dan tidak memberi tanda hak cipta atau membatasi video pendidikan nanti dan tentunya aplikasi ini  tidak  sulit.

  • InShot 

InShot adalah aplikasi untuk mengedit video pembelajaran dan keperluan edit lainnya Aplikasi ini membantu meng-cut dan menggabungkan video dengan berbagai macam efek yang bisa kamu gunakan. Selain itu,  dapat menambahkan filter untuk mempercantik musik, efek transisi,  video,  teks, stiker, latar belakang, dan lainnya.

  • YouCut 

Aplikasi YouCut merupakan aplikasi pembuatan video pembelajaran yang digunakan sebagai pembuat video edukasi sederhana. Misalnya, mungkin ingin memotong dan menggabungkan video pembelajaran kreatif dan aplikasi untuk membuat video pembelajaran di laptop

Oleh karena itu, deskripsi video tutorial dan beberapa rekomendasi aplikasi pembuatan video pembelajaran yang dapat membuat berbagai  jenis media video tutorial kreatif yang dapat digunakan guru saat mengajar. Tentu saja, sebelum memutuskan video mana yang akan dibuat, perlu merancang alur video yang ingin dibuat. Aliran  sangat berguna untuk  membuat video. Jika kamu masih belum pernah atau masih bingung membuat video tutorial, kamu bisa menonton beberapa contoh video tutorial YouTube, video tutorial Kejar Cita, atau tentu saja aplikasi pendidikan lainnya dengan video tutorial unik yang  menarik bagi siswa, saya bisa melakukannya.Aplikasi tersebut bisa digunakan untuk membuat video pembelajaran smp dan video pembelajaran sma

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *