Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username : sekolahdemopijar@gmail.com
Password : sekolahdemo

GURU
Username : guru1@gmail.com
Password : gurudemo

SISWA
Username : 30170521
Password : siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

7 Kegiatan yang Bisa Guru Lakukan di Liburan Semester

Tidak hanya siswa, guru juga perlu melakukan istirahat yang cukup di liburan sekolah lho. Nah, agar liburan semester yang guru lakukan bisa terasa semakin produktif, ada beberapa pilihan kegiatan yang bisa guru lakukan. Yuk, simak informasinya di bawah ini.

Pada dasarnya saat liburan semester, seorang guru tidak benar-benar bisa libur. Karena ada berbagai kegiatan yang biasanya tetap harus lakukan, seperti membuat kurikulum untuk semester baru, mengurus administrasi siswa yang sudah lulus sekolah, ataupun melaksanakan kegiatan outing bersama guru-guru.

Kegiatan yang Bisa Guru Lakukan di Liburan Semester

Di tengah padatnya aktivitas guru di liburan semester, jangan lupa juga untuk tetap istirahat dan melakukan beberapa kegiatan yang bisa meningkatkan produktivitas di bawah ini ya. Karena melakukan kegiatan yang produktif bisa bermanfaat untuk membuat guru bisa mengajar semakin baik kedepannya.

Beberapa kegiatan yang bisa guru lakukan di liburan semester, yaitu:

1. Ikut kegiatan sosial untuk menjadi relawan

Guru ingin memperluas jaringan pertemanan sekaligus melakukan kegiatan yang produktif? Kalau iya, yuk ikut kegiatan kegiatan sosial. Karena saat mengikuti kegiatan sosial, maka guru berkesempatan untuk bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang bidang, darimulai siswa, mahasiswa, hingga tenaga kerja profesional yang ahli di suatu bidang.

Selain itu, mengikuti kegiatan sosial juga bisa bermanfaat untuk memudahkan guru mendapatkan banyak informasi atau ilmu lainnya. Ilmu ini nantinya bisa guru bagikan lagi kepada siswa-siswi di sekolah.

2. Melakukan hobi

Ayo coba ingat-ingat lagi kapan terakhir kali guru meluangkan waktu untuk sekedar melakukan hobi. Kalau ternyata guru sudah sangat lama tidak melakukan hobi, liburan sekolah merupakan momen yang sangat tepat untuk melakukan hobi. Karena melakukan hobi juga bermanfaat untuk menghilangkan stres dan membuat tubuh lebih rileks, sehingga nantinya guru bisa kembali mengajar dengan lebih produktif.

Selain itu, melakukan hobi juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kreatif guru, sehingga nantinya guru bisa mengajar dengan berbagai cara yang lebih kreatif.

3. Ikut berbagai pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dalam berbagai bidang

Saat ini ada berbagai macam pelatihan untuk meningkatkan kemampuan yang bisa guru ikuti. Pada dasarnya mengikuti berbagai pelatihan sangat bermanfaat untuk menambah nilai plus untuk guru, sehingga meningkatkan kemungkinan kamu mendapatkan guru bisa mendapatkan posisi kerja yang cukup tinggi. Selain itu, mengikuti pelatihan juga bermanfaat untuk meningkatkan kemungkinan guru bisa mendapatkan pekerjaan sampingan, sehingga penghasilan guru juga semakin meningkat. Karena mengikuti pelatihan juga bermanfaat untuk membuat guru mendapatkan keahlian lain.

Menariknya, guru juga bisa memilih pelatihan pada bidang yang sudah pernah guru tekuni sebelumnya atau bidang yang benar-benar baru dan belum pernah ditekuni sebelumnya. Apapun pelatihan yang guru ambil, pastikan guru menyukai pelatihan tersebut ya. Karena hal ini bermanfaat untuk membuatmu bisa memahami materi pelatihan dengan sangat baik. Untuk mendapatkan pelatihan yang sesuai dengan minat, kamu bisa mengikuti berbagai pelatihan yang disediakan Pijar Mahir.

4. Liburan bersama keluarga

Liburan sekolah belum lengkap rasanya kalau belum melakukan libur bersama keluarga. Karena selain bermanfaat untuk menghilangkan stres dan membuat pikiran serta tubuh rileks, pada dasarnya berlibur bersama keluarga juga bermanfaat untuk membuat guru mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Pengalaman ini nantinya bisa guru bagikan kembali ke siswa-siswi.

5. Membaca buku

Membaca buku juga merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh terlewatkan saat liburan. Karena selain bermanfaat untuk menambah ilmu, pada dasarnya membaca buku juga bermanfaat untuk membuat guru bisa mengajar dengan semakin baik, khususnya jika guru membaca buku tentang berbagai cara mengajar yang baik.

6. Jalan-jalan keliling kota sendiri

Sesekali tidak ada salahnya juga jika guru jalan-jalan keliling kota sendiri tanpa siswa-siswi atau anak-anak lho. Karena pada jalan-jalan keliling kota sendiri juga bisa bermanfaat untuk membuat guru bisa mendapatkan banyak ilmu yang nantinya bisa dibagikan kepada siswa-siswi atau anak-anak. Beberapa tempat yang bisa guru datangi adalah museum, planetarium, perpustakaan, dan taman kota.

7. Baca blog dan mendengarkan podcast

Saat liburan tidak ada salahnya juga jika guru menghabiskan waktu dengan membaca blog dan mendengarkan podcast, khususnya blog dan podcast yang berhubungan dengan Pendidikan. Karena hal ini juga bermanfaat untuk menambah ilmu guru, sehingga nantinya guru bisa langsung mempraktekkan ilmu tersebut ketika kembali mengajar.

Nah, itu tadi beberapa kegiatan saat libur sekolah yang bisa guru lakukan. Pada dasarnya kegiatan apapun yang guru lakukan di hari libur, pastikan guru menikmati semua kegiatannya dengan semaksimal mungkin ya. Karena hal ini bisa membuat guru kembali mengajar dengan lebih produktif dan semaksimal mungkin.

Kalau guru ingin proses belajar mengajar terasa lebih mudah untuk dilakukan, yuk gunakan platform Pijar Sekolah. Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

Referensi

https://www.bookwidgets.com/blog/2022/06/25-summer-holiday-ideas-for-teachers-to-get-the-most-out-of-your-free-timehttps://www.wgu.edu/heyteach/article/heres-what-teachers-really-do-during-their-summer-breaks1906.htmlhttps://blog.hope-education.co.uk/summer-holiday-ideas-teachers/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *