Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

7 Tips Melakukan Manajemen Waktu Untuk Guru

Tips melakukan manajemen waktu guru

Guru sering mengalami kesulitan dalam mengatur bekerja sehari-hari untuk mengajar dan mengerjakan pekerjaan lain? Kalau iya, gak usah bingung karena di bawah ini ada beberapa tips melakukan manajemen waktu yang bisa dengan mudah guru terapkan.

Pada dasarnya melakukan manajemen waktu dengan baik bermanfaat untuk membuat guru bisa melakukan semua pekerjaan dengan maksimal tanpa merasa diburu-buru. Selain itu, melakukan manajemen waktu dengan baik juga bermanfaat untuk membuat guru tetap memiliki waktu senggang yang bisa digunakan untuk bersantai atau beristirahat, di tengah padatnya aktivitas sehari-hari.

Tips Melakukan Manajemen Waktu

Setiap guru biasanya memiliki tipsnya masing-masing untuk mengatur waktu. Namun, manajemen waktu biasanya dilakukan dengan menerapkan beberapa hal di bawah ini:

1.Buat jadwal kerja setiap harinya 

Hal pertama yang perlu guru lakukan untuk melakukan manajemen waktu adalah dengan membuat jadwal kerja. Karena membuat jadwal kerja akan memudahkan guru dalam bekerja, terlebih untuk guru yang mungkin sering lupa. Selain menentukan durasi waktu untuk bekerja, tentukan juga daftar pekerjaan lain yang ingin dikerjakan dan berapa durasi yang diperlukan untuk mengerjakan suatu hal.

Misalnya dalam satu hari, guru harus ibadah, membalas email, makan, membereskan kamar, olahraga, dan mencuci baju. Misalnya pukul 09.00-12.00 adalah waktu untuk fokus bekerja, 12.00-13.00 istirahat, dan 13.00-16.00 waktunya untuk bekerja kembali. Pada dasarnya membuat jadwal kerja bermanfaat untuk mencegah guru dari terdistraksi hal-hal lain yang bisa membuat pekerjaan guru menjadi terhambat. Selain itu, membuat jadwal kerja juga bermanfaat untuk membuat guru menjadi lebih fokus mengerjakan suatu hal.

 2. Selesaikan pekerjaan yang sudah mendekati deadline terlebih dahulu

Hal lain yang tidak boleh terlupakan untuk melakukan manajemen waktu dengan baik adalah selalu menyelesaikan pekerjaan yang sudah mendekati deadline terlebih dahulu. Setelah itu, guru bisa mengerjakan pekerjaan lain yang deadlinenya masih cukup lama atau menggunakan waktu senggang untuk sekedar istirahat.

 3. Disiplin dengan jadwal yang sudah ditentukan

Disiplin dengan jadwal yang sudah ditentukan juga merupakan salah satu hal penting yang perlu guru lakukan. Karena selain membuatmu terhindar dari stres, disiplin dengan jadwal yang sudah ditentukan juga bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Namun, jika ternyata ada kondisi tidak terduga yang guru alami, jangan ragu juga untuk sedikit melanggar jadwal yang sudah ditetapkan ya. Misalnya ketika guru tiba-tiba merasa sakit dan tidak enak badan, tidak ada salahnya untuk menghilangkan satu atau dua jadwal. Karena hal ini bermanfaat untuk membuat produktivitas dirimu tetap terjaga, sehingga pada akhirnya guru tetap bisa melakukan semua pekerjaan yang harus dikerjakan.

BACA JUGA:Yuk, Cari Tahu 9 Tips Melakukan Manajemen Kelas yang Baik

4. Manfaatkan teknologi

Tidak bisa dipungkiri memang, memanfaatkan teknologi merupakan salah satu cara paling efektif untuk bisa melakukan manajemen waktu dengan baik. Karena dengan adanya teknologi, pekerjaan yang guru lakukan bisa terbantu yang tentunya akan menghemat waktu. Misalnya saja untuk rekap nilai, membuat soal ujian dan pembahasan materi ujian, hingga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Semua hal tersebut bisa guru lakukan dengan mudah menggunakan platform Pijar Sekolah.

5. Terapkan metode time blocking

Metode time blocking atau yang biasa dikenal dengan monotasking adalah metode yang digunakan ketika guru memblokir waktu selama beberapa menit atau jam untuk fokus mengerjakan suatu pekerjaan. Pada dasarnya metode time blocking sangat bermanfaat untuk membuat pekerjaan guru bisa selesai tepat waktu, sehingga guru bisa memiliki waktu untuk sekedar istirahat sejenak.

Cara menerapkan metode time blocking juga sangat mudah kok. Misalnya jika dalam satu hari guru memiliki untuk memeriksa 50 soal ujian dan 2 materi ujian, maka sisihkan waktu sebanyak 4 jam untuk fokus bekerja. Selama empat jam tersebut usahakan guru benar-benar tidak melakukan hal lain. Setelah pekerjaan tersebut selesai, guru bisa mengerjakan hal lain. Bila perlu agak tidak mengganggu konsentrasi, saat menerapkan metode time blocking, guru bisa mematikan semua gadget.

6. Tidak menunda pekerjaan

Tidak menunda pekerjaan juga menjadi salah satu cara paling efektif yang bisa guru lakukan guna melakukan manajemen waktu dengan baik. Karena tidak menunda pekerjaan bisa bermanfaat untuk membuat guru tetap memenuhi jadwal pekerjaan yang sudah ditentukan. Jika setelah mengerjakan semua pekerjaan, tiba-tiba ada pekerjaan baru yang harus dikerjakan dalam jangka waktu dekat, jangan ragu juga untuk langsung melakukan pekerjaan tersebut ya.

7. Rutin mengambil jeda di tengah padatnya aktivitas

Meskipun terlihat sederhana, faktanya rutin mengambil jeda di tengah padatnya aktivitas merupakan salah satu hal yang bisa guru terapkan dalam melakukan manajemen waktu lho. Karena mengambil jeda di tengah padatnya aktivitas bermanfaat untuk membuat otak tetap terjaga konsentrasinya dan tubuh tetap segar, sehingga guru bisa selalu semangat dan produktif dalam melakukan aktivitas.

Tidak ada patokan pasti mengenai jeda waktu yang harus guru ambil, namun alangkah baiknya jika setiap dua jam guru mengambil jeda untuk sekedar istirahat, melakukan olahraga ringan, minum air putih, mengonsumsi camilan sehat, atau melakukan hal yang guru sukai. Namun, pastikan jeda waktu yang guru ambil hanya 15-30 menit ya. Karena jika terlalu lama mengambil jeda, otak akan kesulitan untuk kembali konsentrasi bekerja.

Nah, itu tadi beberapa tips melakukan manajemen waktu yang bisa guru terapkan dengan mudah. Ternyata melakukan manajemen waktu bisa dilakukan dengan cara yang mudah kan.

Kalau guru ingin proses manajemen waktu terasa semakin mudah untuk dilakukan, yuk gunakan platform Pijar Sekolah. Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

Referensi

https://www.educationsupport.org.uk/resources/for-individuals/guides/time-management-and-wellbeing-at-work/

https://myelearningworld.com/time-management-tips-for-teachers/

https://resilienteducator.com/classroom-resources/five-time-management-tips-for-teachers/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *