Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Wajib Tahu! 9 Indikator Keberhasilan Guru

Indikator keberhasilan guru

Setelah melaksanakan proses belajar mengajar dengan sebaik mungkin, guru sering masih merasa gagal tanpa alasan yang jelas? Kalau iya, jangan berkecil hati terlebih dahulu. Karena bisa jadi selama ini guru sudah sukses mendidik siswa, hanya saja guru tidak pernah mengukur indikator keberhasilan dalam mengajar. Oleh karena itu, yuk simak tips indikator kesuksesan guru di bawah ini.

Pada dasarnya mengetahui indikator keberhasilan guru dalam mengajar bisa membawa dampak positif untuk diri sendiri, seperti mengukur kemampuan diri sendiri serta membantu guru untuk terus memperbaiki dan mengevaluasi diri. Selain itu, mengetahui indikator keberhasilan dalam mengajar bisa membantu guru untuk menentukan metode mengajar yang cocok digunakan.

Indikator Keberhasilan Guru Dalam Mengajar

Pada dasarnya tidak ada aturan baku mengenai indikator keberhasilan guru dalam mengajar. Namun, biasanya ada beberapa indikator kesuksesan guru yang umumnya digunakan:

1.Tingginya prestasi siswa

Tidak bisa dipungkiri memang tingginya prestasi siswa merupakan salah satu indikator utama kesuksesan guru. Hal ini dapat diukur melalui nilai-nilai ujian, tugas kerja kelompok, nilai praktikum, dan nilai pekerjaan rumah. Biasanya semakin tinggi rata-rata prestasi akademik siswa di suatu kelas, maka semakin sukses juga seorang dalam mengajar.

2. Tingginya partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar

Jika selama ini guru berhasil membuat sebagian besar siswa turut berpartisipasi dalam proses belajar mengajar, maka bisa dibilang guru sukses dalam menjalani proses belajar mengajar. Beberapa bukti nyata bahwa siswa aktif adalah banyak siswa yang menjawab pertanyaan ketika guru bertanya atau siswa selalu aktif menyampaikan pendapat.

3. Siswa memiliki kecerdasan sosial dan emosional yang tinggi

Pada dasarnya keberhasilan guru dalam menjalani proses belajar mengajar juga bisa diukur dari tingginya kecerdasan sosial dan emosional siswa lho. Misalnya saja jika sebagian besar siswa yang guru didik memiliki keterampilan interpersonal, rasa percaya diri, empati, dan pengendalian diri yang baik, maka hal ini bisa mengindikasikan bahwa guru telah berhasil mendidik siswa dengan baik. Karena seorang guru yang baik bukan hanya mengajarkan tentang materi pelajaran, tapi juga pengetahuan tentang cara bersosialisasi dan mengatur emosi.

4. Tingginya keterlibatan orang tua

Tingginya keterlibatan orang tua untuk turut berpartisipasi mendukung proses belajar mengajar juga dapat menjadi indikator kesuksesan guru. Karena hal ini bisa menunjukkan bahwa guru telah berhasil berkomunikasi dengan orang tua, melibatkan mereka dalam pembelajaran, dan menjalin hubungan yang positif.

5. Selalu mencapai target dan mendapatkan hasil evaluasi yang baik

Sama halnya seperti pekerja kantoran pada umumnya, seorang guru juga biasanya harus memenuhi target yang diberikan kepala sekolah. Jika guru selalu berhasil mencapai target yang diberikan oleh kepala sekolah, maka hampir bisa dipastikan bahwa guru telah berhasil. Selain itu, setiap tahunnya sekolah biasanya akan melakukan proses evaluasi kepada setiap guru. Beberapa hal yang biasanya di evaluasi oleh kepala sekolah adalah kinerja guru dan prestasi akademik siswa.

BACA JUGA: 7 Cara Mencegah Bully di Sekolah

6. Memberikan kontribusi yang besar kepada sekolah

Selalu aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, komite sekolah, atau berkontribusi positif kepada komunitas pendidikan juga bisa menjadi salah satu indikator kesuksesan guru. Karena hal ini bisa menunjukkan bahwa guru memiliki kemampuan melakukan manajemen waktu dengan baik.

7. Jenjang karier terus meningkat

Setiap orang yang bekerja pasti ingin jenjang kariernya terus meningkat, termasuk guru. Nah, kalau jenjang karier guru cenderung meningkat setiap tahunnya, maka hal ini bisa mengindikasikan bahwa guru telah berhasil menjalani proses belajar mengajar. Karena jenjang karier yang terus meningkat bisa mengindikasikan bahwa guru telah berhasil menjalani suatu profesi dengan baik.

8. Tidak pernah berhenti belajar

Bukan hanya siswa, pada dasarnya seorang guru juga harus tetap belajar untuk mengembangkan keterampilan dan mendapatkan ilmu. Karena dengan memiliki keterampilan dan ilmu yang banyak, maka guru bisa mengajar dengan lebih baik lagi kepada seluruh siswa. Kalau guru selama ini tidak pernah belajar hal baru dan membagikannya kepada siswa, bisa diindikasikan bahwa guru telah sukses.

9. Memiliki reputasi yang baik di kalangan siswa dan rekan kerja

Reputasi yang baik  di kalangan siswa dan rekan kerja juga bisa menjadi salah satu indikator kesuksesan guru dalam mengajar. Biasanya reputasi ini biasanya guru dapatkan dengan mendengarkan cerita dari guru atau siswa.

Selain mencoba mengetahui indikator kesuksesan guru dengan beberapa hal di atas, bila perlu guru juga bisa mengukur kesuksesan dengan memberikan kuesioner sederhana kepada siswa. Kuesioner tersebut bisa berisi beberapa pertanyaan, seperti apakah siswa memahami semua materi pelajaran yang disampaikan guru atau seberapa senang siswa dengan cara mengajar guru. Setelah itu, minta siswa menjawab kuesioner tersebut dengan sejujur mungkin.

Nah itu tadi beberapa indikator kesuksesan guru. Namun penting untuk diingat bahwa kesuksesan seorang guru tidak hanya dapat diukur dengan satu indikator saja, tetapi sebaiknya melalui sejumlah indikator yang berbeda. Kombinasi dari berbagai faktor ini dapat memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang sejauh mana seorang guru berhasil dalam tugas mereka.

Kalau guru ingin proses belajar mengajar terasa lebih mudah untuk dilakukan, yuk gunakan platform Pijar Sekolah. Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

Referensi

https://www.researchgate.net/publication/342132178_INDICATORS_OF_THE_TEACHER_EFFECTIVENESS_IN_THE_EDUCATIONAL_PROCESS

https://www.teachthought.com/pedagogy/10-habits-effective-teachers/#google_vignette

https://www.rand.org/education-and-labor/projects/measuring-teacher-effectiveness/measuring-teacher-effectiveness.html

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *