Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Ingin Menjadikan Sekolah Sebagai Sekolah Unggulan? Yuk, Simak 12 Tipsnya

Sekolah unggulan

Guru ingin menjadikan sekolah sebagai sekolah unggulan atau percontohan? Kalau iya, yuk simak informasinya di bawah ini.

Dikutip dari Jurnal Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisal, sekolah unggulan adalah sekolah yang mampu membawa setiap siswa mencapai kemampuannya secara terukur dan mampu ditunjukkan melalui prestasinya tersebut. Pada dasarnya menjadi sekolah unggulan bisa membawa dampak positif untuk sekolah itu sendiri, seperti meningkatkan reputasi sekolah, sehingga akan meningkatkan kemungkinan orang tua untuk mendaftarkan siswanya ke sekolah tersebut.

Tips Menjadikan Sekolah Sebagai Sekolah Unggulan

Pada dasarnya membuat sekolah menjadi sekolah unggulan memerlukan upaya yang berkelanjutan dan komitmen dari kepala sekolah, guru, seluruh staf, siswa, dan orang tua. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa tips menjadikan sekolah sebagai sekolah unggulan yang bisa diterapkan dengan mudah, seperti

1.Buat visi dan misi yang jelas

Hal pertama yang perlu guru lakukan untuk menciptakan sekolah unggulan adalah dengan membuat visi dan misi yang jelas. Karena setiap sekolah memiliki visi dan misi yang berbeda-beda. Pastikan juga guru membuat visi dan misi dengan sejelas mungkin ya, seperti ingin mendorong terciptanya siswa yang bisa berguna bagi nusa dan bangsa atau membantu mendidik siswa menjadi ahli agama.

 2. Pilih guru dan staf yang tepat

Pada dasarnya salah satu cara paling sederhana untuk menciptakan sekolah unggulan adalah dengan memilih karyawan yang tepat dalam proses rekrutmen. Selain memiliki kemampuan yang mumpuni, hal lain yang bisa menjadi indikasi bahwa guru dan staf berkompeten bisa bekerja dengan baik adalah guru dan staf memiliki visi dan misi yang sama dengan sekolah.

3. Buat rencana strategis

Selain membuat visi dan misi dengan sejelas mungkin, guru juga bisa membuat rencana strategis yang tujuan jangka panjang dan jangka pendek untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Karena rencana strategis bisa menjadi patokan untuk semua guru dalam menentukan program belajar mengajar.

4. Buat kurikulum yang baik

Kurikulum yang baik merupakan salah satu kunci untuk menciptakan sekolah unggulan. Karena kurikulum yang relevan, mendalam, dan sesuai dengan perkembangan zaman akan membuat siswa-siswi memiliki kemampuan yang mumpuni untuk bersaing dengan ratusan siswa dari seluruh Indonesia, bahkan dunia. Jangan lupa juga untuk selalu memperbarui kurikulum sesuai dengan perkembangan arahan dari kementerian pendidikan ya.

5. Berikan fasilitas yang lengkap

Untuk menjadi sekolah unggulan, sekolah juga harus bisa memfasilitasi semua siswa untuk bisa berkembang dan mendapatkan ilmu yang mumpuni. Salah satu caranya dengan menyediakan fasilitas yang lengkap, seperti laboratorium, ruang komputer, perpustakaan, dan taman tempat siswa bisa berolahraga atau sekedar berdiskusi mengenai materi pelajaran.

BACA JUGA:Wajib Tahu! 9 Indikator Keberhasilan Guru

6. Manfaatkan kemajuan teknologi

Memanfaatkan kemajuan teknologi juga merupakan hal yang tidak boleh guru lewatkan untuk menciptakan sekolah unggulan. Karena tidak bisa dipungkiri kemajuan teknologi sangat bermanfaat untuk memudahkan guru melakukan proses belajar mengajar, sehingga membantu sekolah menjadi sekolah unggul. Untuk memudahkan guru melakukan proses belajar mengajar, guru juga bisa menggunakan Pijar Sekolah.

7. Ciptakan kegiatan untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan

Menciptakan kegiatan untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan kalau guru ingin sekolah tempat guru mengajar menjadi sekolah unggulan.  Karena hal ini menunjukkan bahwa sekolah bisa membantu terciptanya calon-calon pemimpin masa depan. Kalau guru ingin tahu tips meningkatkan jiwa kepemimpinan pada siswa, baca artikel ini ya “ 6 Tips Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan Pada Siswa.”

8. Dorong siswa untuk bisa terus berprestasi dalam berbagai hal

Tidak bisa dipungkiri memang, banyaknya siswa-siswi yang berprestasi merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menjadi sekolah unggulan. Namun, perlu digaris bawahi berprestasi disini bukan berprestasi dalam hal akademik saja ya, melainkan dalam hal seni dan olahraga juga.

 9. Terapkan sistem komunikasi terbuka

Jangan lupa juga untuk menerapkan sistem komunikasi terbuka. Karena menerapkan sistem komunikasi terbuka akan menciptakan lingkungan belajar mengajar yang kondusif dan bisa mendorong terciptanya prestasi akademik yang tinggi.  Beberapa contoh nyata penerapan sistem komunikasi terbuka adalah selalu menyampaikan informasi tentang nilai siswa, kegiatan yang akan dilakukan siswa, dan perkembangan sekolah.

 10. Jalin kerja sama dengan sekolah, universitas, dan organisasi pendidikan lain

Sesekali tidak ada salahnya juga jika guru menjalin kerjasama dengan sekolah, universitas, dan organisasi pendidikan untuk bertukar pengalaman dan sumber daya. Karena hal ini bisa membuat guru mendapatkan banyak pengetahuan untuk terus melakukan program yang bisa bermanfaat bagi kemajuan sekolah.

 11. Ikut berbagai pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dalam berbagai bidang

Mengikuti berbagai pelatihan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas seorang guru sekaligus sekolah, sehingga meningkatkan kemungkinan sekolah menjadi sekolah unggulan.

Menariknya, saat ini guru juga bisa memilih pelatihan dari berbagai bidang yang sudah atau belum pernah guru tekuni sebelumnya. Apapun pelatihan yang guru ambil, pastikan guru menyukai pelatihan tersebut ya. Karena hal ini bermanfaat untuk membuatmu bisa memahami materi pelatihan dengan sangat baik. Untuk mendapatkan pelatihan yang sesuai dengan minat, guru bisa mengikuti berbagai pelatihan yang disediakan Pijar Mahir

12. Lakukan evaluasi secara rutin

Sebagus apapun sistem yang diterapkan di sekolah, rasanya belum lengkap kalau guru belum melakukan evaluasi secara rutin. Saat evaluasi guru bisa menilai program dan kegiatan apa yang perlu dipertahankan serta ditiadakan. Evaluasi idealnya diadakan setiap 3-6 bulan sekali. Namun, hal ini bisa berbeda untuk setiap sekolah, tergantung pada kebijakan sekolah masing-masing.

Menjadi sekolah unggulan memerlukan waktu dan dedikasi yang berkelanjutan. Tidak ada jaminan kesuksesan instan, tetapi dengan komitmen yang kuat dan perencanaan yang baik, sekolah dapat mencapai status tersebut. Namun, jangan lupa untuk tetap menerapkan beberapa hal di atas ya.

 

Kalau guru ingin proses belajar mengajar terasa lebih mudah untuk dilakukan, yuk gunakan platform Pijar Sekolah. Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

Referensi 

 

file:///C:/Users/User/Documents/Punya%20Popy/Asik%20ini%20Kerjaan%20Utama/Artikel%202023/Jurnal%20sekolah.pdf

https://gn.cambridgeschool.edu.in/qualities-of-good-school/

https://ptaourchildren.org/what-makes-a-great-school/

https://www.ourkids.net/school/what-makes-for-a-great-school

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *