Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username:sekolahdemopijar@gmail.com
Password:sekolahdemo

GURU
Username:guru1@gmail.com
Password:gurudemo

SISWA
Username:30170521
Password:siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close

Selain dengan Spion, Ini 5 Metode Pembelajaran Kreatif yang Bisa Guru Terapkan

Metode pembelajaran

Di era digital seperti sekarang, mengajar dan berbagi ilmu memang bisa dilakukan dengan berbagai cara yang kreatif. Salah satunya mengajar menggunakan medium spion yang dilakukan oleh seorang konten kreator TikTok yang bernama  Dadang Darmuji (@dadangdarmuji).

Di akun Tik Toknya sejak tanggal 17 Juni 2023 dadang sudah rutin mengunggah video pembelajaran menggunakan medium spion motor. Menarik banget kan. Nah selain mengajar dengan spion, pada dasarnya saat ini ada berbagai macam metode  pengajaran yang bisa guru terapkan dengan mudah lho. Kalau guru ingin tahu metode  pembelajaran lain yang menarik dan bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas belajar siswa, simak informasinya di bawah ini ya.

Pilihan Metode Pembelajaran yang Kreatif dan Mudah Diterapkan

Pada dasarnya menggunakan metode pembelajaran atau metode pengajaran yang kreatif bisa bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman siswa akan materi pelajaran dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Beberapa pilihan metode  pembelajaran yang bisa guru terapkan, yaitu:

1.Metode belajar bilingual

Metode belajar bilingual atau metode pengajaran dengan dua bahasa adalah salah satu metode pengajaran yang saat ini sudah banyak diterapkan oleh sekolah-sekolah di kota besar (khususnya Jakarta). Kalau sekolah tempat guru saat ini belum mengajar dengan metode ini, yuk coba terapkan metode  pembelajaran bilingual. Karena selain menyenangkan untuk dilakukan, metode pengajaran bilingual bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing siswa.

Jika guru ingin mencari tahu lebih lanjut tentang metode belajar bilingual, baca artikel ini ya  “5 Tips Mudah Menerapkan Metode Pembelajaran Bilingual “.

2. Diskusi kelompok atau focus group discussion

Focus group discussion juga merupakan salah satu metode pengajaran yang sedang populer dan sudah mulai diterapkan dari sepuluh tahun lalu. Pada dasarnya metode ini bermanfaat untuk mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif, berbicara, berdebat, dan memecahkan masalah bersama.

Saat menerapkan sistem mengajar focus group discussion, guru membagi siswa menjadi kelompok kecil dan memberikan topik atau masalah yang perlu didiskusikan bersama.  Namun, metode mengajar ini biasanya hanya cocok diterapkan untuk jenjang Pendidikan yang tinggi (yaitu kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA).

3. Metode penemuan

Metode ini berfokus pada memberikan siswa kesempatan untuk menemukan konsep atau pengetahuan baru melalui eksperimen atau tugas mandiri. Dalam hal ini guru berperan sebagai fasilitator dan membantu siswa dalam proses eksplorasi dan penemuan.

BACA JUGA:Tenang, Stres Saat Mengajar Bisa Diatasi dengan 6 Hal Ini

4. Brainstorming

Dengan metode pengajaran brainstorming guru mendorong siswa untuk mengemukakan gagasan, pendapat, atau solusi terkait suatu topik tanpa ada penilaian atas ide-ide yang diajukan. Hal ini dapat merangsang kreativitas dan partisipasi aktif dari siswa.

5. Game dan simulasi

Game dan simulasi merupakan salah satu metode  pembelajaran yang mungkin akan disenangi siswa. Karena dengan metode ini, siswa seolah sedang bermain game, padahal ada ilmu yang didapatkan.  Pada dasarnya menerapkan permainan atau simulasi yang relevan dengan materi pelajaran bermanfaat untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan.

6. Metode pembelajaran berbasis masalah

Saat mengajar dengan metode ini guru bisa mengajukan masalah yang menarik dan relevan sebagai titik awal untuk menyelidiki konsep-konsep yang terkait. Siswa kemudian mencari solusi dan belajar dari proses tersebut.

Nah, itu tadi beberapa pilihan metode  pembelajaran yang bisa guru terapkan dengan mudah. Saat memilih metode  pembelajaran, pastikan guru memilih metode  pembelajaran yang paling sesuai dengan kebutuhan minat, dan gaya belajar siswa ya. Hal ini bermanfaat agar pembelajaran dapat lebih efektif dan bermakna.

Kalau guru ingin proses belajar mengajar terasa lebih mudah dilakukan, yuk gunakan Pijar Sekolah. Pijar Sekolah adalah sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan. Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

Selain menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, Pijar Sekolah hadir untuk membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian. Melalui Pijar Sekolah, pihak sekolah dengan mudah melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (UBK), dan memudahkan para guru dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian.

  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *